8 Fakta Unik Telur

telur | kesehatan96.blogspot.com
Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata telur?
Pasti semua tahu dong apa itu telur... Nah sekarang TahukahAnda.com tidak akan menjelaskan apa itu telur, karena pastinya kalian punya telur... Eh, maksudnya pasti kalian suka makan telur. Ngomong-ngomong, admin TahukahAnda.com paling suka lo sama makanan ini :D.
Makanan dari proses perkembangbiakan hewan ini mungkin saja jadi favorit sejuta manusia di bumi ini.
Nah ternyata telur ini memiliki beberapa fakta unik yang penting untuk kita ketahui.
Berikut 8 Fakta Unik Telur:

1. Kandungan manfaat proteinnya 100%. Wau, jika dibandingkan dengan daging ayam yang hanya 80%, ternyata telur lebih baik ya.

2. Warna kuning dari telur ditentukan oleh makanan ayam betina.

3. Kulit telur terbuat dari kalsium karbonat. Ini adalah bahan dasar utama beberapa jenis antacids. 9-12 persen dari berat telur berasal dari kulitnya ini sobat.

4. Putih telur terbuat dari protein yang disebut juga albumen dan juga mengandung niacin.50% dari protein pada telur berasal dari putihnya ini.

5. Suhu telur mencapai 40,5 derajat celcius ketika ditetaskan. Semakin dingin, cairan di dalamnya akan mengendap.

6. Seekor ayam betina mampu menghasilkan 250-270 butir telur setiap tahunnya.

7. Saat membuka telur, terkadang kita melihat seperti ada setetes darah di dalamnya. Dan ternyata itu memang darah. Darah ini berasal dari pembuluh darah di kuning telur yang pecah. Tapi tetap aman kok sobat.

8. Warna putih telur yang agak keruh menandakan bahwa telur itu lebih segar. Kalau warna putihnya jernih, itu berarti berasal dari ayam yang sudah tua. Hindari mengkonsumsi telur yang warna putihnya agak merah muda atau seperti warna lain. [tacom/ip]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.