Kata-kata Sensitif yang Tidak Boleh Diucapkan Pada Anak Kecil

Anak kecil itu sensitif. Jangan sambarangan dalam mengajarinya atau sekedar mengucapkan sesuatu padanya. Karena menurut penelitian, perkembangan anak berawal dari komunikasi.

anak kecil / kissfmmedan.com
Tidak ada pendidikan khusus untuk menjadi seorang ibu mau pun ayah. Nah karena itu, sebaiknya Anda yang baru akan menjadi orang tua harus lebih banyak belajar cara mendidik anak. Dimulai dari hal yang kecil, mudah-mudahan Anak anda dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Nah, berikut TahukahAnda.com uraikan kata-kata apa saja yang tidak boleh diucapkan pada anak:

1. Jangan nagis!
Saat masih dalam usia pertumbuhan, anak kecil masih kesulitan untuk mengungkapkan emosi lewat kata-kata. Dan ketika ia disodorkan dengan kata larangan "jangan menangis", tidak berarti ia akan menjadi lebih baik. Malahan ia akan berpikir bahwa mengungkapkan emosi itu tidak baik, tidak benar! Bukan tangisannya yang ia anggap tidak benar. Mereka akan mengambil kesimpulan bahwa tidak baik untuk merasa takut atau sedih.

2. Kamu itu...
Melabeli anak dengan kalimat yang seolah adalah sifat aslinya, akan ditelan mentah-mentah oleh anak. Anak yang dilabeli dengan kalimat semisal: "Kamu itu jahat!", ia akan menganggap bahwa dirinya memang jahat atau bahkan lebih buruk dari yang kita pikirkan.

3. Kenapa kamu tidak bisa seperti...
Adalah wajar jika orangtua membandingkan anaknya dengan anak lain, atau bahkan saudara kandungnya. Tapi jangan bandingkan anak kita di depannya. Padahal setiap anak itu unik, punya perbedaan yang tak mungkin dipaksakan untuk sama. Membandingkannya secara langsung berarti Anda menginginkannya menjadi orang yang berbeda.

4. Pergi sana! Bapak mau sendiri.
Pendiri Ozark Center, Suzette Haden Elgin mengemukakan, Ketika kata-kata itu diucapkan pada anak, ia akan berpikir tidak ada gunanya bicara dengan orang tuanya. Ia akan selalu diusir. Anak-anak yang terbiasa menerima kalimat ini dari orang tuanya, ia cenderung akan melakukan hal yang sama ketika dewasa.

Nah, udah tahu kan kalau kata-kata tersebut sangat sensitif bagi anak-anak, jangan dilakukan ya, kalau bisa kasih tahu juga orang tua yang lain. [tacom/ip]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.