Pemuda-pemuda Indonesia yang Hebat dan Patut Dijadikan Inspirasi

Indonesia adalah negeri yang indah. Beraneka ragam budaya dihasilkan oleh para pendahulu kita. Jika pada zaman modern ini banyak dari kita yang sering beranggapan bahwa negara lain lebih hebat dari kita, itu sebenarnya salah. Anggapan sebagian kita itu mungkin karena hanya melihat dari sisi tertentu saja dan juga kita hanya melihat apa yang kebetulan sedang muncul ke permukaan.

Padahal, banyak anak-anak bangsa yang sangat membanggakan. Mungkin kurang terlihat karena beberapa sebab dan masalah yang harus ada sebagai resiko bagi siapa pun yang mencoba menjadi pesaing asing di negeri ini.

Nah, orang-orang hebat ini berasal dari berbagai kalangan, diantaranya:

1. Ricky Elson - Mobil listrik


Lulusan Universitas Andalas Padang ini sempat ditarik oleh Dahlan Iskan ke Indonesia. Saat menjabat sebagai menteri BUMN, Dahlan Iskan tertarik dengan kemampuan Ricky dalam mengembangkan mobil listrik. Waktu itu, Ricky sedang berada di Jepang.

Setelah lulus dari Universitas Andalas di Padang, Ricky melanjutkan pendidikan teknologinya di Jepang. Dikutip dari wikipedia, Ricky telah menemukan belasan teknologi motor listrik yang juga telah dipatenkan.

Tapi sayang, saat Ia dan Dahlan Iskan berusaha mengembangkan mobil listrik di tanah air, pengembangan tersebut terkendala perizinan dan uji emisi.

2. Chaerul - Pesawat dari mesin motor


Meski tak tamat SD dan juga tak pernah naik pesawat sebelumnya, Chaerul yang bekerja di bengkel motor milik ayahnya ini berhasil menerbangkan pesawat yang dirakitnya hasil dari belajar lewat Youtube. Pria asal Pinrang, Sulawesi Selatan tersebut berkali-kali gagal, bahkan sampai dicibir oleh orang lain. Namun semangat, keyakinan, dan ketekunannya tak pernah sirna sampai ia akhirnya berhasil menerbangkan pesawat terakhir yang dibuatnya di ketinggian sekitar 15 meter di atas pantai dan berhasil mendaratkannya kembali dengan selamat. Akhirnya, Chaerul jadi satu-satunya orang Indonesia yang pertama kali naik pesawat, langsung dengan pesawat yang ia buat sendiri. Dan pesawat berikutnya yang ia naiki adalah pesawat hercules milik TNI saat ia diundang oleh TNI AU ke Jakarta.

3. Abdul Halim - Kepala Desa Sekapuk


Berbakti untuk negeri, tidak harus dengan penemuan atau pembuatan di bidang teknologi atau hal-hal canggih lainnya. Jika seseorang bisa menjadi pemimpin yang baik, dia sudah lebih dari itu semua. Seperti sosok kepala desa bernama Abdul Halim ini. Ia mampu menjadikan desanya yang awalnya miskin, perlahan mengurangi pengangguran, hingga akhirnya menjadikan desa yang ia pimpin mendapat julukan "Desa Miliarder".

Nah itulah tiga Inspirator kita di hari Sumpah Pemuda ini. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk lebih semangat memajukan bangsa! [tacom/ip]

Posting Komentar

0 Komentar