Macam-macam Wisata Alam yang Patut Untuk Dicoba di Masa Pandemi

Di masa new normal, Pemerintah mulai melakukan pelonggaran untuk berinteraksi sosial. Beberapa manfaat pelonggaran ini adalah akan bergerak kembali jalannya perekonomian dimana mana dan kita bisa rileks menyegarkan pikiran.

Wisata alam di pinggir pantai (ip)

Dalam pelonggaran tersebut, salah satu yang dilonggarkan adalah pada sektor wisata. Mall sudah banyak yang buka, dan bioskop pun sudah mulai menayangkan film-film yang sempat tertunda.

Tapi sebenarnya, wisata yang paling bagus saat ini adalah wisata yang dapat menyehatkan tubuh. Wisata yang membuat kita bisa lebih rileks dan tidak akan berdampak serius pada penyebaran virus covid-19.

Dengan wisata alam, kita juga bisa lebih menghemat pengeluaran, dan energi positif yang masuk ke tubuh juga lebih banyak.

Berikut macam-macam wisata alam yang patut untuk dicoba:

1. Wisata Pantai

Deburan ombak dan aroma air asin diantara pasir-pasir pantai, bisa membuat kita bernostalgia. Apalagi pernah punya kisah indah di pantai pada masa lalu.

2. Wisata Air Terjun

Gemercik air yang jatuh akan membuat kita lebih rileks, bahkan lebih rileks daripada mendengarkan musik klasik. Apalagi jika air terjun itu jernih, kita pun bisa membasahi tubuh dan merasakan kesegarannya.

3. Wisata Outbond

Nah, wisata alam dengan campur tangan buatan manusia ini bisa memacu adrenalin kita sambil menikmati indahnya alam sekitar. Tak hanya yang berat-berat, di tempat wisata outbond, kita juga bisa sekedar membuat kemping kecil bersama keluarga atau teman. Kita bisa membuat permainan atau bergelantungan di antara pohon dengan menggunakan hammock.

4. Wisata Perkebunan

Sekarang sudah banyak perkebunan-perkebunan yang bisa dijadikan tempat wisata. Juga ada perkebunan yang secara khusus menjadikan lahannya sebagai tempat wisata. Kita bisa memetik stroberry langsung dari pohonnya atau menanam pohon dengan bibit yang disediakan penyelenggara.

5. Wisata Pulau

Wisata pulau ini, biasanya mirip dengan wisata pantai. Ya sebagian bisa wisata pulau menawarkan kita untuk berkemah di tepi pantai. Selain berkemah, pengelola pulai biasanya juga menyediakan penginapan yang bisa disewa di pulau tersebut.

Kelebihan wisata pulau dibanding wisata pantai adalah, kita jauh dari suasana kota dan kita bisa lebih fokus untuk memanjakan diri.

6. Wisata Gunung

Buat sobat yang punya hobi lebih menantang, ada baiknya mencoba mendaki gunung. Jika belum berpengalaman, ajaklah teman yang sudah pernah naik gunung dan mulailah dari gunung yang lebih mudah didaki.

7. Wisata Kebun Binatang

Ini mungkin pilihan alternatif jika di daerah sobat sulit menemukan wisata alam yang benar-benar alami. Selain itu, di kebun binatang kita bisa mengenal banyak jenis binatang yang jarang kita temui namun aman untuk kita lihat.


Nah itulah macam-macam wisata alam yang patut untuk dicoba. Semoga bisa menjadi referensi sobat yang ingin berwisata di akhir pekan. Ada banyak jenis wisata alam lainnya seperti wisata persawahan, wisata mancing ikan di tengah lautan, dan lain-lain. Semua itu tergantung daerah sobat masing masing.

Soal harga, wisata alam biasanya biaya yang harus kita keluarkan cukup terjangkau, bahkan banyak yang gratis. [tacom/ip]

Posting Komentar

0 Komentar