11 Menit Wajib Waspada dalam Penerbangan

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hilang kontak pada tanggal 9 Januari 2021. Peristiwa tersebut terjadi empat menit setelah lepas landas.

Sampai akhirnya dinyatakan bahwa itu adalah kecelakaan hingga titik kecelakaan pun ditemukan.

ilustrasi: climateprotection.org via grid

Dalam dunia penerbangan, kita perlu mengetahui waktu sebelas menit berbahaya ini. Hal ini agar kita bisa lebih waspada dan siap akan segala hal yang mungkin terjadi saat kondisi darurat.

Tiga menit dimulai dari pesawat lepas landas dan sisanya delapan menit saat pesawat akan mendarat.

Di waktu-waktu itu penting bagi kita bila menjadi penumpang untuk tetap dalam kondisi fokus. Bahkan kalau ngantuk pun, disarankan untuk memaksa diri tetap terjaga. Jangan melakukan apa pun selain hanya fokus dan berdo'a.

Pada tiga menit awal, digunakan untuk mencari posisi stabil dan mengendalikan kecepatan ketika pesawat mulai mengudara. Sedangkan delapan menit akhir, digunakan untuk menurunkan kecepatan dan menyesuaikan posisi dengan target landasan.

Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kita harus siap-siap untuk menuju pintu terdekat agar bisa keluar dengan segera dari pesawat.

Selain itu, pada 11 menit tersebut, awak kabin dilarang berkomunikasi dengan pilot di kokpit kecuali jika terjadi hal penting demi keselamatan. Awak kabin juga tidak boleh melakukan aktivitas apa pun yang tidak ada kaitannya dengan kendali pesawat pada momen itu.

Momen 11 menit atau yang dikenal juga dengan Critical Eleven ini bermula dari fakta 80 kecelakaan pesawat terjadi pada rentang waktu tersebut.

Tak ada pengumuman khusus dibuat untuk memperhatikan momen ini. [tacom/ip]

Posting Komentar

0 Komentar