Perbedaan Ular Cobra dan King Cobra

Bagi orang awam, mendengar kata ular saja sudah bisa ketakutan. Apalagi jika ular yang dibicarakan adalah Ular Cobra/Kobra atau King Cobra.

Ular Kobra (pixabay)

Tak sedikit orang yang menganggap ular Cobra dan King Cobra itu sama. Padahal ada cukup banyak perbedaan dari keduanya.

Ular Cobra atau Kobra

Juga dikenal dengan sebutan ular sendok, adalah jenis ular yang punya banyak spesies. Ada 10 jenis ular kobra.

Ular Kobra dapat menyemburkan bisa dan berkembang biak pada musim pancaroba. Setidaknya ini merupakan ciri khusus ular kobra yang ditemukan di Pulau Jawa.

King Cobra

Sekali bertelur, King Cobra betina bisa menghasilkan 21 hingga 40 butir. King Cobra biasa membuat sarang dari dahan dan dedaunan untuk inkubasi telurnya. Karena itu, King Cobra bisa ditemukan di kawasan hutan atau rawa.


Dari sisi ukuran, King Cobra bisa mencapai panjang 6 meter dengan diameter 10cm, sedangkan Ular Kobra lebih kecil dari itu, sekitar 1,7 hingga 2 meter.

Bisa kedua jenis ini sama bahayanya. Namun Ular Kobra bisa me-muncratkan bisanya hingga jarak satu meter. Jika terkena tepat di mata akan menyebabkan kebutaan.

Nah, ular sama seperti hewan lainnya. Mereka membutuhkan tempat untuk berkembangbiak sebagai habitatnya. Jika habitat aslinya semakin berkurang, mereka akan menjadi liar dan masuk ke kota.

Karena itu, jagalah alam kita dengan cinta. Nikmati dunia ini, namun jangan berlebihan. Jangan sampai kita mengganggu makhluk lain karena ketamakkan kita. [tacom/ip] 

Posting Komentar

0 Komentar